Kegunaan / Fungsi mesin Fotocopy

Fungsi Mesin Fotocopy Dan Cara Penggunaannya

kegunaan mesin fotocopy

Kegunaan / Fungsi Mesin Fotocopy

Kegunaan / fungsi mesin fotocopy kini tidak hanya digunakan untuk menduplikasi atau menggandakan sebuah dokumen dalam waktu yang singkat. Perkembangan mesin fotocopy kini sudah memungkinkan mesin untuk mencetak duplikasi dokumen dengan tinta berwarna, bisa juga untuk melakukan scanning dokumen dan menjadikannya bentuk digital lalu dikirimkan dengan email. Atau Anda juga bisa melakukan pengiriman dokumen melalui fax dengan mesin fotocopy. Berikut akan dijelaskan mengenai cara menggunakan mesin fotocopy dankegunaan/fungsi mesin fotocopy dilihat dari bagian-bagiannya.

Cara fotocopy dokumen

Untuk menduplikasi dokumen biasanya Anda datang ke tempat fotocopy-an dan membiarkan petugas menduplikasi dokumen Anda sesuai keinginan. Namun ketika Anda berada di kantor dan harus melakukan duplikasi dokumen sendirian, Anda harus tahu bagaimana cara yang tepat agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Ini dia cara-cara melakukan fotocopy:

  1. Fotocopy dari ADF tidak bolak-balik:
  • Masukkan dokumen master lewat ADF (bagian paling atas mesin fotocopy)
  • Lihat pada layar panel dan pilih ukuran kertas yang akan di-copy (paper select)
  • Lalu tekan start
  1. Fotocopy dari ADF bolak –balik:
  • Proses awal sama dengan cara nomor satu
  • Pilih two sided (2-2)
  • Lalu tekan start
  1. Fotocopy dari kaca
  • Letakkan dokumen master pada kaca mesin fotocopy dengan posisi terbalik atau bagian yang akan diduplikasi dihadapkan pada kaca
  • Pilih paper select, sesuai dengan dokumen master
  • Tekan start

Fungsi bagian-bagian dari mesin fotocopy

Jika mesin fotocopy mengalami kerusakan, Anda yang mungkin tidak berpengalaman dalam hal teknis bisa langsung menghubungi perusahaan servis mesin fotocopy untuk melakukan perbaikannya. Tetapi tidak ada salahnya mengenal bagian-bagian mesin fotocopy sehingga Anda bisa lebih paham mengenai kegunaan/fungsi mesin fotocopy. Berikut adalah beberapa bagian atau komponen pada mesin fotocopy:

  1. ADF (Automatic Document Feeder)

ADF ini letaknya berada di atas mesin fotocopy yang menyatu dengan tutup mesinnya. Kegunaannya adalah untuk menduplikat dokumen lebih praktis tanpa Anda harus membuka tutup mesin fotocopy untuk menduplikasi dokumen lembar demi lembar.

  1. Korona bawah

Bagian ini berfungsi untuk mengatur jalnnya kertas ketika melewati area drum, letaknya ada di area pemanas. Kualitas dari hasil fotocopy sangat dipengaruhi oleh korono bawah sehingga apabila mesin sering digunakan setiap hari disarankan korona bawah juga dibersihkan setiap hari.

  1. Korona atas

Bagian ini terletak pada unit drum yang fungsinya adalah untuk menyeimbangkan drum ketika pencetakan kertas sedang dilakukan. Sama dengan korona bawah, korona atas juga sebaiknya sering dibersihkan.

  1. Lampu scanner

Lampu ini letaknya berada permukaan kaca bagian atas dan merupakan sinar UV yang bisa melakukan pemindaian dokumen untuk ditransfer menjadi duplikasi dokumen pada kertas baru. Saat mesin sedang melakukan duplikasi sebaiknya Anda jangan menatap ke sinar tersebut karena bisa merusak mata.

  1. Drum

Lampu scanner akan memproyeksikan gambar atau dokumen yang akan diduplikasi. Proyeksi ini kemudian diterima oleh drum untuk dicetak ke kertas baru dengan menggunakan toner. Drum merupakan komponen yang paling penting dan paling mahal dalam sebuah mesin fotocopy. Untuk melihat apakah kualitas drum bagus atau tidak, coba cetak kertas dengan tinta hitam blank. Apabila drum masih bagus, warna hitam pada kertas tidak aka nada bintik-bintik putihnya.

Baca Juga : Bagaimana Cara Kerja Mesin Fotocopy ?

Itulah beberapa bagian atau komponen utama dalam mesin fotocopy. Selain yang telah disebutkan masih banyak lagi komponen penyusun yang memiliki fungsinya sendiri-sendiri dan tidak kalah penting dengan yang lain. Dengan memahami komponen pada sebuah mesin fotocopy, maka Anda akan bisa lebih memahami kegunaan/fungsi mesin fotocopy.

Demikian sedikit ulasan dari kami mengenai Kegunaan / Fungsi Mesin Fotocopy semoga dapat bermanfaat.

2016-01-18T16:20:02+00:00