Pengertian Dan Sejarah Mesin Fotocopy

Sejarah mesin Fotocopy dan pengertianya

Sejarah Mesin Fotocopy

Pengertian mesin fotocopy adalah sebuah mesin yang digunakan untuk melakukan duplikasi dokumen2 dimensi ke dalam kertas dengan biaya yang sangat murah dan cepat. Mesin fotocopy sudah tidak asing lagi bagi kita karena digunakan secara luas tidak hanya dalam dunia perkantoran tetapi juga dalam dunia akademis dan kehidupan sehari-hari. Bahkan ketika era digital sudah semakin berkembang di mana banyak dilakukan duplikasi dokumen dalam bentuk data digital, tidak mengurangi pamor mesin fotocopy sebagai alat duplikasi konvensional. Bahkan dalam perkembangannya mesin fotocopy sudah bisa digunakan untuk melakukan scanning kemudian mengkonversi dokumen ke dalam bentuk PDF, atau bahkan mencetak duplikasi dengan tinta berwarna. Untuk mengenal lebih jauh mengenai mesin satu ini, ini dia sejarahnya.

Sejarah mesin fotocopy

Teknologi modern pertama yang digunakan secara luas pada mesin fotocopy disebut dengan Xerography yang dikenalkan oleh Xerox pertama kali tahun 1959. Sejak itu hingga sekarang xerography telah menjaid teknologi standar pada sebagian besar mesin fotocopy meski sudah ada teknologi yang lebih cepat seperti ink jet. Teknologi xerography secara prinsip adalah dengan menggunakan photoreceptor yang sensitif terhadap cahaya untuk kemudian di-ekstrak dan mentransfer partikel-partikel dokumen ke atas kertas baru  yang membentuk duplikasi dari dokumen yang difotocopy. Partikel-partikel atau toner tersebut kemudian disatukan di atas kertas dengan menggunakan tekanan dan panas. Karena itulah kertas yang keluar dari mesin fotocopy selalu terasa panas.

Duplikasi dokumen menggunakan mesin fotocopy pertama kali ditemukan oleh Chester Carlson yang merupakan pengacara hak paten sekaligus inovator. Pekerjaan sehari-harinya yang mengurusi sejumlah besar dokumen hak paten yang harus banya diduplikasi membuatnya berpikir untuk membuat sebuah mesin yang bisa menduplikasi dokumen dengan cepat dan mudah. Tahun 1938 ia mulai bereksperimen dan berhasil membuat alat duplikasi dengan piringan seng yang dilapisi dengan sulfur. Sayangnya, penemuan ini tidak disambut positif oleh perusahaan-perusahaan ketika itu yang menganggap belum dibutuhkannya mesin fotocopy.

Baru pada tahun 1944 sebuah organisasi non-profit menganggap bahwa hasil karya Carlson patut untuk dikembangkan. Tahun 1947 sebuah perusahaan dari New York meminta lisensi untuk hak pengembangan yang ketika itu disebut dengan mesin electrophotography.  Perusahaan ini bernama Haloid Corporation yang kemudian pada tahun 1948 mengubah namanya menjadi Xerox Corporation.

Xerography yang dikembangkan oleh Xerox ini kemudian digunakan secara luas tidak hanya untuk mesin fotocopy merk Xerox tetapi juga merk lainnya. Bahkan perusahaan-perusahaan kertas memproduksi kertas yang sesuai dengan teknologi xerography sebagai standar spesifikasinya. Kelebihan teknologi xerography dibanding teknologi sebelumnya adalah:

  1. Bisa menggunakan kertas yang belum diproses

  2. Memungkinkan untuk menduplikasi dokumen pada kedua sisi kertas (duplex)

  3. Dapat melakukan pemindaian beberapa kertas secara otomatis

 

Baca Juga : http://jualfotocopy.co.id/kegunaan-fungsi-mesin-fotocopy/

Fakta unik mengenai mesin fotocopy

Mesin fotocopy sudah memiliki sejarah dan perkembangan yang cukup panjang. Fungsinya pun sampai sekarang belum bisa tergantikan meski era digital sudah semakin canggih. Setelah mengetahui mengenai sejarah mesin fotocopy dan pengertian mesin fotocopy, ini dia beberapa fakta unik mengenai mesin fotocopy:

  1. Sekitar 20% panggilan servis mesin fotocopy di seluruh dunia terdiri dari masalah karena mesin digunakan untuk memfotocopy bokong. Menduduki kaca pada mesin fotocopy bisa merusak sistem di dalamnya.

  2. Pada akhir tahun 50-an, Haloid Corporation yang kini bernama Xerox Corporation mengirimkan 7 mesin fotocopy berwarna kepada Disney yang kemudian digunakan untuk memproduksi film 101 Dalmatians.

  3. Nama xerography berarti “menulis dengan kering” diberikan untuk menggantikan nama electrophotography untuk alasan marketing.

  4. Sebelum mesin fotocopy ditemukan oleh Chester Carlson, manusia menduplikasi dokumen dengan menggunakan tulisan tangan atau menggunakan kertas karbon, di mana proses ini bisa sangat melelahkan dan membuat tangan menjadi sakit.

Itu dia sedikit mengenai fakta-fakta unik mengenai mesin fotocopy yang termasuk ke dalam sejarah mesin fotocopy.

Bila Anda membutuhkan Mesin Fotocopy Fuji Xerox atau Canon untuk usaha ataupun Kantor silahkan Hubungi Kami