Servis Mesin Fotocopy Xerox Bergaransi.

Mau Servis Mesin Fotocopy Xerox ?Servis Mesin Fotocopy Xerox kenapa perlu diketahui? Hal ini tidak terlepas dari kenyataan bahwa mesin fotocopy adalah mesin yang memiliki batas kemampuan hingga level dan tingkat pemakaian tertentu. Penggunaannya dalam waktu yang lama memungkinkan terjadinya penurunan kualitas dan kerusakan pada beberapa bagian di dalam mesin. Bila hal itu terjadi, maka sebaiknya Anda mengenali jenis-jenis kerusakan, harga spare part dan biaya operasional servis mesin.

Jenis Kerusakan Mesin Fotocopy

Umumnya, kerusakan yang paling sering terjadi pada mesin fotocopy adalah munculnya bercak hitam/blok hitam pada hasil cetakan. Hal ini dialami hampir semua jenis dan tipe mesin fotocopy. Kerusakan ini disebabkan oleh kerusakan pada bagian Toner Mesin Fotocopy dan Primary Charge (Corona Atas).

Toner Mesin fotocopy adalah istilah untuk sistem tinta bubuk pada mesin fotocopy. Semua jenis dan tipe mesin fotocopy saat ini menggunakan teknologi Toner dalam mencetak data pada kertas. Toner berasal dari partikel-partikel halus yang memiliki titik lebur antara 150-230 derajat celcius. Dalam praktiknya, semakin tinggi titik lebur sebuah Toner, maka hasil cetakan akan semakin bagus.

Mesin fotocopy umumnya memiliki suhu pemanas  rata-rata 200 derajat celcius. Itulah mengapa, mesin fotocopy yang memiliki titik lebur mendekati angka ini akan menghasilkan cetakan yang bagus. Salah satu merek mesin fotocopy yang memiliki kapasitas ini adalah jenis / merk Fuji Xerox. Kebutuhan titik lebur Toner yang tinggi berhubungan dengan kecepatan cetak mesin fotocopy. Rata-rata mesin fotocopy memiliki kecepatan berkisar antar 10-75 lembar per menit. Bagi mesin yang memiliki kecepatan rendah (memiliki partikel besi lebih sedikit), umumnya tidak akan menemukan masalah pada Toner. Sebaliknya, bagi mesin dengan kecepatan tinggi (memiliki roll magnet), bagian Toner ini adalah yang paling sering rewel.

Lain halnya dengan jenis kerusakan lain yang disebut Primary Charge. Primary Charge sering dikenal dengan istilah Corona. Corona adalah bagian utama mesin fotocopy (disebut juga mesin atas). Fungsinya adalah sebagai charge atau pemberi muatan listrik ke bagian ‘drum’ sebagai pencetak hasil. Kerusakan pada bagian corona biasanya dikarenakan bagian ini kotor, korslet atau ada kabel yang terputus. Idealnya, untuk penggunaan fotocopy hingga 50000, maka Corona dibersihkan 2 kali sehari. Pembersihan dapat digunakan dengan alkohol untuk kerusakan ringan, dan penggantian kawat untuk kerusakan parah. Jenis kawat yang disarankan adalah ukuran 0,06mm.

Selain dua jenis kerusakan yang umum dialami mesin fotocopy di atas, juga penting diperhatikan kebersihan beberapa bagian lain. Misalnya, bagian scanner. Bila kaca scanner kotor, maka akan menghasilkan cetakan kucek dan burem. Selain itu, bila mesin fotocopy Anda sering mengalami kemacetan, maka biasanya beberapa bagian berikut adalah penyebabnya.

  1. Pecahnya upper
  2. Kerusakan pada bagian pick up (kaset fotocopy bagian samping)
  3. Terkelupasnya bagian lower. Bila bagian ini rusak, maka hasil cetakan akan keriput.
  4. Kehabisan Web. Kegunaan Web adalah untuk melumasi upper dan lower. Bila bagian ini rusak, maka pemanas fotocopy tidak akan stabil.
  5. Gangguan pada Kuku Macan. Biasanya pada bagian ini sudah terlihat lancip. Bila bagian ini rusak, maka kertas akan nyangkut pada bagian pemanas.
  6. Rusaknya motor gerak. Umumnya, untuk semua jenis mesin fotocopy, motor gerak adalah bagian yang paling mudah rusak.

Tips Perawatan Mesin Fuji Xerox

Mesin fotocopy Fuji Xerox terkenal dengan kecangihan teknologi dan keawetannya. Mesin ini sudah ternama sejak dulu. Dikarenakan memiliki banyak keunggulan, maka perawatannya perlu diperhatikan agar biaya untuk servis mesin fotocopy xerox ini tidak membengkak. Beberapa tips perawatan mesin Fuji Xerox yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  1. Selalu jaga kebersihan platen glass dengan kain lembut yang bersih. Kombinasikan dengan penggunaan alkohol.
  2. Bersihkan kaca pada bagian scan minimal sekali seminggu.
  3. Selalu perhatikan kerapian susunan kertas fotocopy pada saat akan melakukan pencetakan.
  4. Cek selalu FeedRool Tay agar fotocopy bisa terus optimal hasilnya.
  5. Jangan menyentuh layar dan bidang scan dengan kondisi tangan yang masih kotor dan basah.

Untuk melakukan Servis Mesin Fotocopy, khususnya jenis Fuji Xerox, sebaiknya bekerja sama dengan jasa service mesin fotocopy bermerek Fuji Xerox juga. Beberapa keuntungan yang akan diperoleh dengan kerjasama ini antara lain,menjamin ketersediaan sparepart; ketersediaan team support, tenaga teknisi; dan tentu saja biaya perawatan yang terjangkau.

Servis Mesin Fotocopy Xerox harus dengan ahlinya.

Mengapa kami membuat kata kata tersebut dalam artikel kali ini, karena berdasarkan pengalaman kami dilapangan bahwa untuk melakukan servis mesin fotocopy xerox tidaklah semudah merk merk yang lain. Banyak teknisi fotocopy merk lain yang sudah berpengalaman ketika ketemu dengan mesin xerox banyak yang nyerah, kenapa bisa demikian ? karena mesin xerox lebih canggih dan lebih modern teknologinya.

Itulah beberapa informasi seputar servis mesin fotocopy Xerox yang kami berikan semoga bermanfaat, apabila membutuhkan Jasa Servis Mesin Fotocopy Xerox bergaransi dan terbaik silahkan hubungi kami CV CIPTA MULTI SOLUTION.