Bagaimana Cara Kerja Mesin Fotocopy ?

Bagaimana Cara Kerja Mesin Fotocopy ?

Cara kerja mesin fotocopy

Cara kerja mesin fotocopy

Cara kerja mesin fotocopy, mungkin menjadi topik yang tidak terlintas dalam pikiran Anda sebelumnya, namun seiring dengan dengan semakin banyak mesin ini digunakan, pertanyaan mengenai cara kerja mesin ini pun semakin giat digali. Memasukan kertas yang akan difotocopy, memencet beberapa tombol sampai akhirnya kertas hasil fotocopy keluar mungkin sudah sangat sering Anda lihat, namun untuk melakukan fungsinya ternyata mesin fotocopy ini harus melewati banyak proses.

Berdasarkan fungsinya mesin fotocopy digunakan untuk memperbanyak lembaran demi lembaran kertas sesuai dengan keinginan penggunaannya, kehadiran mesin ini tentunya sangat membantu penyelesaian tugas secara lebih cepat karena Anda tidak perlu repot menyalinnya kembali. Mesin fotocopy ini dibedakan berdasarkan tipenya yang akan mendukung kafasitasnya dalam memperbanyak lembaran dokumen, baik itu untuk memfotocopy halaman buku, makalah, KTP dan kertas lainnya.

Bagian-bagian pada Mesin Fotocopy beserta Fungsinya

Mesin yang banyak digunakan untuk keperluan sekolah dan keperluan kantor ini, dilengkapi dengan berbagai bagian yang akan mendukung performa mesin fotocopy tersebut diantarnya adalah

  • kertas master

Kertas ini merupakan kertas yang akan di fotocopy. Ketika akan di fotocopy, bagian pada kertas yang  akan digandakan  dihadapkan ke bawah.

  • cahaya reflektor

Cahaya reflektor berfungsi untuk melakukan scanning yang dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran dari kertas master.

  • toner atau tinta

Toner berfungsi untuk menumpahkan tinta pada bagian drum, dan secara otomatis tinta ini akan memberi warna pada permukaan kertas pada mesin fotocopy tersebut sesuai dengan hasil scanan yang dilakukan oleh cahaya reflektor.

  • drum pemutar

Sesuai dengan namanya drum pemutar ini akan berputar dan secara otomatis akan mencetak hasil scan pada permukaan kertas pada mesin fotocopy tersebut.

  • kertas untuk hasil fotocopy

Setelah proses pencetakan selesai, akan keluar kertas hasil fotocopy.

Cara Kerja Mesin Fotocopy

Setelah mengetahui mengenai bagian-bagian pada mesin fotocopy, maka langkah selanjutnya adalah membahas mengenai cara kerja dari mesin fotocopy tersebut. Secara umum mekanisme kerja mesin fotocopy meliputi proses preeskposure, primary charging, laser exposure, development, transfer, separation, fixing dan yang terakhir adalah cleaning. Untuk lebih jelasnya berikut ini merupakan langkah demi langkah cara kerja mesin fotocopy yaitu diantaranya:

  1. Pengisian

Silinder drum elektrolis akan dibebankan oleh kawat dengan tegangan yang tinggi yang disebut dengan korona kawat. Sementara drum mempunyai lapisan yang terbuat dari bahan fotokonduktif,  fotokonduktor sendiri merupakan semikonduktor yang akan menjadi konduktif jika terkena cahaya.

  1. Exposure

Cahaya reflektor akan menerangi kertas maker yang akan difotocopy, kemudian cahaya tersebut diteruskan ke permukaan drum fotokonduktif. Daerah drum yang tidak dikenai cahaya akan bermuatan negatif sehingga akan menghasilkan gambar laten listrik di permukaan drum.

  1. Mengembangkan

Toner yang bermuatan positif akan mengembangkan image saat diterapkan ke drum, setelah itu benda ini akan tertarik dan kemudian menempel didaerah bermuatan negatif atau daerah hitam.

  1. Transfer

Hasik gambar toner pada permukaan drum tersebut akan ditransfer ke sehelai kertas bermuatan negatif yang lebih tinggi dari drum.

  1. Sekering

Pada proses yang terakhir ini, toner akan dilebur dan akan terikat ke kertas dengan menggunakan rol panas dan tekanan. Drum dan kertas yang bermuatan negatif dengan toner yang bermuatan positif ini banyak ditemukan di mesin fotocopy digital yang banyak beredar saat ini.

Pesatnya perkembangan dunia teknologi turut melahirkan inovasi baru pada mesin fotocopy, mesin ini bukan hanya digunakan untuk menggandakan namun juga untuk melakukan fungsi lain seperti print, scan sampai fax. Benda multifungsi ini sekarang dapat Anda temukan pada mesin fotocopy Fuji Xerox DocuCentre Series. Selain menawarkan fasilitas multifungsi mesin fotocopy ini juga menawarkan kualitas cetak yang baik dengan resolusi cetak terbaik yang berada dikelasnya, yaitu hingga 1200 x 2400  untuk kemampuan cetak warna.

Baca juga : Cara menggunakan mesin fotocopy dengan mudah.

atau  8 Tips Usaha Fotocopy dan ATK yang mudah dilakukan.

Demikianlah informasi mengenai cara kerja mesin fotocopy yang dapat kami sampaikansemoga dapat bermanfaat.

2016-01-18T16:19:47+00:00