Panduan Cara Menggunakan Mesin Fotocopy yang Mudah bagi Pemula.

Cara menggunakan mesin fotocopyCara menggunakan mesin fotocopy bagi seorang pemula mungkin akan cukup sulit, terutama dalam mengoprasikannya secara benar dan baik. Berbagai tombol pada mesin fotocopy yang dimaksudkan untuk menjalankan mesin pun membuat penggunanya menjadi semakin bingung.

Beberapa Hal yang Perlu diketahui Sebelum Menggunakan Mesin Fotocopy

Melihat seseorang menggunakan mesin fotocopy sekilas akan terlihat sangat mudah, namun tidak bagi Anda yang baru pertama kali belajar menjalankan mesin fotocopy, terutama jika Anda kurang mengerti mengenai tujuan dilakukannya berbagai tahapan pada pengoperasian mesin fotocopy tersebut. Sebenarnya cara menggunakan mesin fotocopy cukup mudah untuk dilakukan. Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan mesin fotocopy tersebut:

  • Mempelajari buku petunjuk

Biasanya setiap pembalian sebuah produk terutama produk elektronik selalu disertai dengan buku petunjuk penggunaan, buku ini akan membantu Anda dalam menggunakan mesin tersebut dengan cara yang benar sehingga Anda dapat menghindari kesalahan penggunaan yang berujung pada kerusakan atau error pada mesin.

Mengingat sangat pentingnnya buku petunjuk penggunaan ini maka selalu disarankan untuk membacanya dan memahaminya yang kemudiaan mempraktekanya dengan benar, mula dari cara memasang kabel sampai cara menghidupkan mesin fotocopy untuk pertama kalinya. Walaupun menggunakan mesin fotocopy bukan yang pertama bagi Anda, namun buku panduan penggunaan harus tetap Anda baca dan perlajari karena pada umumnya masing-masing mesin fotocopy mempunyai cara pengoperasian yang berbeda untuk setiap tipe, brand dan jenisnya.

  • Memahami berbagai fungsi pada tombol dasar

Untuk menunjang kinerjanya, mesin fotocopy dilengkapi dengan berbagai tombol, biasanya para pengembang turut menyertakan penggunaan warna pada masing-masing tombol untuk membedakan fungsi setiap tombolnya. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan penggunaan mesin fotocopy sehingga dapat digunakan secara benar. Berikut merupakan fungsi dari tombol-tombol pada mesin fotocopy tersebut diantaranya adalah:

  • Tombol reset digunakan untukmengembalikan pengaturan serta menghapus program.
  • Tombol check counter, digunkan untuk melihat jumlah kertas yang sudah di berhasil digandakan.
  • Tombol angka, digunakan untuk mengatur jumlah, besar dan ukuran kertas yang akan di fotocopy.
  • Tombol stop, digunakan untuk menghentikan proses fotocopy yang sedang berjalan.
  • Tombol clear, digunakan untuk menghapus atau kembali ke pengaturan sebelumnya.
  • Tombol fungsi option, digunakan untuk membuka program mesin serta mengatur berbagai fungsi di mesin fotocopy.
  • Tombol on/off, digunakan untuk menghidupakan atau mematikan mesin.

Cara Menggunakan Mesin Fotocopy

Setelah membaca kemudian mempelajari buku petunjuk penggunaan dan memahami fungsi dari berbagai tombol tentunya menggunakan mesin fotocopy akan terasa lebih mudah. Pada umumnya cara menggunakan mesin fotocopy adalah sebagai berikut:

  1. Menekan tombol ON untuk menghidupkan mesin
  2. Meletakkan kertas yang akan di fotocopy pada kaca yang menjadi tempat fotocopy biasanya berada di bawah alat scanner. Agar hasilnya bagus, atur posisi kertas dengan bagian tepi atas menempel di garis skala dengan posisi yang tepat ditengah
  3. tekan tombol papper select, lalu atur ukuran kertasnya
  4. Tekan tombol jumlah kertas yang akan di copy
  5. Tekan tombol start, tunggu hingga mesin selesai mengeluarkan kertas hasil penggadaan.
  6. Setelah selesai, matikan mesin dengan menekan tombol

Semakin sering Anda mempraktekannya maka semakin mahir juga Anda dalam menggunakannya, oleh karena itu perbanyak melakukan latihan sehingga Anda menjadi terbiasa. Ketika melakukan kesalahan atau terlihat tombol error, disarankan tetap tenang untuk menghindari masalah yang ditimbulkannya menjadi lebih besar.

Demikianlah informasi mengenai cara menggunakan mesin fotocopy secara baik dan benar , bila butuh informasi mengenai mesin fotocopy silahkan hubungi kami .

Baca juga :